Mari Kita Berfantasi

Posted by Didi Pramono on 16:32 with 2 comments
Kecenderungan masyarakat global adalah mengarah pada kapitalisme. Kapitalisme global telah mengakar, bak jamur-jamur di kulit kita. Indikator yang paling kentara adalah produk-produk kapitalisme global yang telah merambah ke berbagai pelosok negeri. Semisal merek handphone Samsung, Nokia, merek kendaraan bermotor seperti Honda, Yamaha, dan lain sebagainya. Betapa kita sedang terjajah, dan hanya bertindak sebagai konsumen.
Yang ingin Saya lakukan, untuk sedikit melepaskan kepenatan atas penjajahan ini, adalah mengajak pembaca untuk membayangkan. Jika, sejak dulu kala, Patih Gadjah Mada memiliki pandangan visioner, manajemen yang baik, dan daya invasi yang kuat. Beliau memperkuat diri, membangun armada yang tangguh, mengkader agen-agen penjajah, dan melakukan pemetaan target-target negara yang akan di jajah. Patih Gadjah Mada memerintahkan pasukannya melakukan penjajahan terhadap negara Barat.
Jika semua itu terjadi, mungkin saat ini kita akan melihat banyak bule yang berbicara menggunakan bahasa Jawa. Betapa menyenangkannya, jika kita ingin bepergian ke luar negeri tanpa harus repot-repot menggunakan bahasa Inggris. Bahasa internasional adalah bahasa Indonesia. Dan, disamping itu, kita akan banyak menjumpai merek-merek dagang internasional yang menggunakan nama-nama khas Indonesia. Semisal:

































Jadi, apakah Kamu akan membuat produk dengan nama-nama seperti tercantum di atas? Dan jika Kamu memiliki ide-ide mengenai nama-nama plesetan, silahkan sebutkan pada komen di bawah. Terima kasih ;-)




Reaksi: