Analisis terhadap Permendiknas Nomor 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi

Posted by Didi Pramono on 14:28 with No comments
Pendidikan merupakan wilayah penting bagi pembangunan suatu bangsa. Bangsa yang terdidik merupakan bangsa yang besar. Bangsa yang besar disusun oleh elemen-elemen kecil yang saling bersinergi untuk menciptakan keteraturan menuju tujuan nasional. Sebagai salah satu upayanya membangun pendidikan yang berkualitas, pemerintah melalui Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 merumuskan tentang Standar Nasional Pendidikan. Dimana, salah satu komponennya adalah Standar Isi.


Standar Isi mencakup materi  dan  tingkat kompetensi  yang  dituangkan  dalam  kriteria tentang kompetensi  tamatan,  kompetensi  bahan  kajian, kompetensi mata pelajaran, dan silabus pembelajaran yang harus dipenuhi oleh peserta didik pada jenjang dan jenis pendidikan tertentu.

Dalam perjalanannya, Standar Isi merupakan wilayah yang rentan akan kritik. Perkembangan IPTEKS menuntut muatan/materi yang selalu berkembang selaras dengan zaman. Analisis terhadap Permendiknas Nomor 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi secara lengkap dikaji dalam makalah di bawah ini.

Untuk mengetahui lenih lanjut isi makalah ini, silahkan download melalui link di bawah ini,

Reaksi: