Media Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan

Posted by didi pramono on 14:12 with No comments
Media pembelajaran memiliki peran dan fungsi yang strategis dalam pencapaian tujuan pembelajaran. Penggunaan media pembelajaran yang kaya dan bervariasi, tidak saja membuat motivasi belajar meningkat, tetapi juga menjadikan hasil belajar lebih bermakna. Media pembelajaran dapat dimaknai  sebagai semua bentuk perantara yang digunakan oleh manusia untuk menyampaikan atau menyebar ide, gagasan, atau pendapat sehingga ide, gagasan atau pendapat yang dikemukakan itu sampai kepada penerima yang dituju. 
Media pembelajaran secara garis besar dapat diklasifikasikan menjadi tiga yaitu; media grafis, media tiga demensi, dan media proyeksi. Media pembelajaran memiliki manfaat dalam hal; 1)  menarik perhatian peserta didik, 2) kemasan bahan pembelajaran lebih jelas dan bermakna, 3) metode mengajar akan lebih bervariasi, dan 4) meningkatkan aktivitas belajar peserta didik. Pemilihan media pembelajaran perlu memperhatikan; ketepatan dengan tujuan, dukungan terhadap isi, kemudahan memperoleh, keterampilan guru dalam menggunakan, tersedia waktu, dan sesuai dengan taraf berpikir peserta didik (Haryanto).

Media pembelajaran yang saya susun berisi beberapa contoh kasus sebagai bahan diskusi di kelas. Kasus-kasus yang saya angkat merupakan kasus-kasus terbaru, sehingga dalam perkembangannya akan selalu ada update media pembelajaran. Jika Anda mendownload file presentasi saat ini, bisa jadi file yang sama akan berbeda pada beberapa kurun waktu ke depan. 

Untuk mendownload, silahkan klik link-link di bawah ini.


Reaksi: