Anatomi Teori Talcott Parsons

Posted by didi pramono on 10:56 with No comments
Parsons lahir tahun 1902 di Colorado Spring, Colorado. Ia berasal dari latar belakang religius dan intelektual. Ayahnya seorang pendeta, profesor dan akhirnya menjadi rektor di sebuah perguruan tinggi kecil.  Parsons mendapat gelar Sarjana Muda dari Universitas Amherst tahun 1924. Cita-cita Parsons adalah menjadi ahli kedokteran atau biologi.  Saat itu Parsons tertarik dengan sistem organisme (nantinya  melahirkan teori sistem sosial) yang terdiri dari organ dan masing-masing elemennya mempunyai fungsi satu dengan lainnya.  
Di Amherst dia justru masuk ke sekolah kelembagaan, yakni kajian ekonomi politik, studi atas konsekuansi-konsekuensi sosial atas proses-proses ekonomi.  Lulus dari Amherst, Parsons melanjutkan sekolah Pascasarjana  di London School of Economics. Di tahun berikutnya ia pindah ke Heidelberg, Jerman.

Tahun 1927 Parsons mengajar di Harvard. Ia tetap mengajar di Harvard meski harus berganti jurusan beberapa kali. Tahun 1937 Parsons menerbitkan bukunya yang berjudul  “The Structure of Social Action”.  Buku ini tidak hanya mengenalkan pemikir sosiolog utama seperti Weber kepada sejumlah sosiolog, tetapi juga meletakkan landasan bagi teori yang dikembangkan Parsons sendiri. 

Setelah menerbitkan buku, karir akademis Parsons berkembang pesat, dia menjadi Ketua Jurusan Sosiologi di Harvard pada tahun 1944. Dua tahun kemudian, ia mendirikan Departemen Hubungan Sosial, yang tidak hanya memasukkan sosiologi, tetapi juga berbagai sarjana ilmu sosial lainnya.

Tahun 1949 Parsons terpilih menjadi President The American Sociological Association. Tahun 1950 dan menjelang tahun 1960-an, Parsons menerbitkan buku  “The Social System”. Hal ini menempatkan Parsons menjadi tokoh dominan dalam sosiologi Amerika. Parson meninggal di tahun 1979 dalam usia 77 tahun.

Pembahasan lebih lengkap mengenai Talcott Parsons dapat diunduh pada link di bawah ini.
Reaksi: