Critical Review: Plural Modernity-Changing Modern Institutional Forms-Disciplines and Nation States

Posted by didi pramono on 14:36 with No comments
Jurnal ini dimulai dengan asumsi bahwa modernitas sedang mengalami perubahan besar. Fokusnya adalah pada transformasi struktural dari dua rezim yang khas kelembagaan modern: yakni disiplin akademik dan teritorial negara-bangsa. Kematian mereka sebagai bentuk kelembagaan yang dominan di alam ilmu pengetahuan dan politik menandai akhir dari proyek modern atau  setidaknya perlunya redefinisi yang mendalam. Disarankan bahwa seperti redefinisi memerlukan pergeseran konseptual radikal dalam ilmu-ilmu sosial dan bahwa ekspresi meta-teoritis pergeseran ini dapat ditunjuk sebagai 'pluralisme dialogis'. Pada tingkat teoritis, teori modernisasi maupun program terbaru dari 'modernitas ganda' ditolak. Sebuah modernitas plural, dengan varietas yang berbeda, tampaknya merupakan perspektif yang lebih menjanjikan.

Di bagian awal disinggung sedikit mengenai pluralisme dialogis. Apa sebenarnya yang dimaksud dengan pluralisme dialogis, yakni pemahaman yang mengacu pada strategi meta-teoretis yang melihat sejarah dan bangunan teori sebagai hal yang berbeda dari sisi mata uang yang sama. Secara khusus, pluralitas berkontribusi dalam mengintegrasikan bangunan teori seakan praktisi saat ini dan pendahulu mereka adalah mitra dalam dialog imajiner dengan tujuan memecahkan masalah umum.

Pada  ranah epistemologis, penulis sepakat untuk menyatakan bahwa saat ini kita hidup di zaman post-disiplin. Ilmu pengetahuan saat ini semakin terorganisir dan diwujudkan  melalui proyek-proyek inter dan kadang-kadang melalui transdisiplin serta jaringan.  Di ranah politik, ada kecenderungan yang sama bahwa ada jarak antara lembaga politik modern dan wilayah negara-bangsa. Inilah yang kemudian menjadi tantangan kita saat ini, bahwa kedua bentuk: yakni kelembagaan modern, disiplin akademik, dan negara bangsa, tidak lagi memiliki dominasi luar biasa dalam dua abad terakhir. Alasannya adalah bahwa modernitas saat ini sedang mengalami pergeseran yang dramatis dan radikal.

Pembahasan lebih lanjut mengenai critical review jurnal dapat diunduh pada link di bawah ini.

Reaksi: