Critical Review: Masyarakat dan Pilihan Hukum

Posted by didi pramono on 11:04 with No comments
Judul Buku: Masyarakat dan Pilihan Hukum
Penulis: Dr. Indah S. Utari, S.H., M.Hum.
Tahun Terbit: 2012
Penerbit: CV. Sanggar Krida Aditama
Tempat Terbit: Semarang
ISBN: 978-602-17954-2-2.

Bagian pendahuluan buku ini menjelaskan tentang pilihan hukum masyarakat. Utari menyatakan bahwa masyarkat dalam menyikapi pluralisme fakta dan fenomena hukum perlu memiliki pilihan-pilihan hukum, yang pada hakikatnya untuk mewujudkan tertib sosial. Masyarkat memiliki pemaknaan yang berbeda-berbeda terhadap hukum tertentu, sehingga masing-masing individu akan memiliki pilihan yang berbeda pula.


Bagian awal ini juga menjelaskan secara sekilas tentang varian hukum yang berkembang di masyarakat, yang familier adalah hukum negara. Bagi kalangan awam hukum negara adalah aturan-aturan dan sanksi-sanksi tertulis yang disusun oleh pemerintah serta bersifat memaksa, eksklusif, dan istimewa. Hasil penelitian Falk-Moore menyatakan bahwa justru sistem normatif lainnya selain produk negara dianggap lebih efektif dibanding hukum negara. Galanter menjelaskan alasan mengapa demikian, karena pesan-pesan normatif dan keadilan tidak hanya diperoleh melalui forum negara, tetapi juga dapat diperoleh melalui ruang-ruang sosial lain di luar negara.

Utari dengan baik menjelaskan pergeseran pendekatan yang digunakan untuk memahami pilihan hukum masyarakat. Pendekatan yang digunakan saat ini adalah analisis situasional, setelah menggantikan pendekatan lama yakni melalui analisis struktural-fungsional.

Bagain pendahuluan ini juga membahas secara sekilas tentang  konsep-konsep utama dalam pilihan hukum masyarakat. Konsep-konsep tersebut terangkum dalam sub-bab berikut ini:  Pilihan Hukum dan Makna Sosial Hukum, Pilihan Hukum dan Fungsi Hukum, Relevansi Studi Pilihan Hukum dan Makna Sosial Hukum, Konteks Perubahan Sosial, dan Sifat Pendekatan.

Saya kiranya perlu untuk membahas sedikit tentang konsep-konsep di atas, tujuannya agar pembaca memahami batasan buku ini dan memiliki bekal akademik untuk membaca buku ini secara keseluruhan.

Pembahasan lebih lengkap mengenai critical review buku ini dapat diunduh pada link di bawah ini.
Reaksi: